Friday, December 24, 2010

Reaksi Reduksi Oksidasi

Redoks

by Fajar Sadiq

Pernah ga' ngebayangin kalo di dunia ini orang ga' pernah menemukan yang namanya batere. Ribet banget pastinya, ya gak? Biar kata punya henpon super cuanggih, kalo harus terus2an nancep di terminal PLN, ga' gaol kale?
So, we have to say thank to Allah. Jg makacieh banget sama para ahli, kaya om Volta, yang dah ngeriset en ngedevelop batere hingga hari ini kita enak bener tinggal pake.
Nah, sebenarnya batere itu sistem kerjanya berdasarkan suatu jenis reaksi kimia yang dikenal dengan reaksi reduksi-oksidasi, disingkat redoks.
Reaksi ini melibatkan transfer elektron dari satu spesi ke spesi lainnya. Yah, kaya club bola ajah pake transfer2an. Begitulah, soalnya tiap atom unsur dah dibekali sama Allah dengan suatu kemampuan untuk melepas ato nerima elektron. Gede kecilnya kemampuan itu dikenal dengan istilah potensial oksidasi standar ( yg ngelepas elektron) dan potensial reduksi standar (yang nerima elektron). Nah kalo ketemuan dua spesi, dimana satu senang ngasih elektron trus yang lain emang butuh, jadi deh reaksi redoks.
Yang ngasih elektron artinya sedang ngalamin reaksi oksidasi, yang nerima disebut ngalamin reaksi reduksi.

Wednesday, December 22, 2010

Faktor Penentu Laju Reaksi

by fajar sadiq

Asw.
Obrolan kita pada postingan sebelumnya, kita dah pada tau kalo reaksi ada yang berlangsung cepat ada yang lambat. Nah kali ini kita lanjut dengan faktor yang ngaruh terhadap laju reaksi, ada 4 nih:
1. Konsentrasi
2. Luas permukaan
3. Suhu
4. Katalis

Konsentrasi
Jika zat2 yang direaksikan konsentrasinya tinggi, jelas banget banyak juga partikel2 di dalamnya. Makin tinggi konsentrasi, makin banyak pula partikelnya. Bayangin deh, kalo ruang kelas kamu dihuni 10 orang yang semuanya pada bergerak berpindah-pindah, dibanding kalo dihuni 50 orang yang juga pada gerak ke sono ke sini, mana yang paling sering pada nabrak2? Yang isinya 50 of course. Geto juga, pada konsentrasi tinggi, kemungkinan terjadi tumbukan yang menghasilkan reaksi juga makin banyak.

Luas Permukaan
Selain buat nunjukin ketaatan muslimah, baju kurung panjang (jilbab) plus kerudung lebar juga pas banget buat ngejaga kulit biar ga' terlalu sadis dipelototin sang mentari. Nah itu salah satu contoh ngurangin luas permukaan biar reaksi (penggelapan ;) ) ga' meraja lela.
Trus lagi, bumbu2 buat masak biasanya digerus, biar permukaannya makin luas dan reaksi bisa berlangsung cepat.

Suhu
Suhu alias temperatur yang tinggi bisa diartikan energi kinetik / gerak partikel juga tinggi. So, kalo partikel2 itu pada lincah gerak geriknya, tumbukanpun makin tak terhindarkan. Reaksi jadi makin kenceng.

Katalis
Katalis adalah zat yang bisa menurunkan energi aktivasi, hingga reaksi jadi makin cepat.
Sifat kerja katalis, dia ngikut terlibat pas reaksi tapi terbentuk lagi di akhir reaksi.
That's all for now.
Moga manfaat.

Sunday, December 19, 2010

Laju Reaksi

Laju Reaksi
By fajar sadiq
Postingan kali ini pengen ngebahas tentang laju reaksi.
Pas ramadhan biasanya pada rame tuh yang maen petasan. Kepikiran ga' kalo petasan yang dah disulut api trus ''Dhuar!'' meledak, adalah contoh reaksi yang berlangsung cepat. Ato kalo di lab seperti reaksi natrium dengan air. Cepet gitu kan? Bikin kaget deh. Tapi ada juga reaksi kimia yang lambat banget alias galay. Contohnya reaksi pembusukan. Makanan kalo dibiarkan bisa busuk, tapi ga' serta merta. Kadang ada yang sehari, dua hari, ada yang tahan berminggu-minggu bahkan bulanan. Reaksi perkaratan umumnya juga terjadi dengan lambat.
Perbedaan laju reaksi terjadi utamanya karena memang sifat zat yang bereaksi. Seperti natrium dengan air, Na emang dari sononya reaktif (mudah bereaksi) dengan air. Kalo kita bandingin dengan reaksi magnesium + air, maka Na + air berlangsung lebih cepat.
Nah sekarang, gimana kalo zat yang direaksikan sama. Bisa ga' kita ngatur biar reaksinya cepat ato lambat sesuai kepentingan kita. Misalnya obat. Gimana caranya biar obat bisa cepat bereaksi dengan tubuh? Ato gimana caranya mobil ga' cepat karatan?
So penting buat kita ngerti faktor2 yang ngaruh pada laju reaksi. But ops but (tetapi eh tetapi, hehe) sebelum ngebahas faktor2 itu, yuk kita ngerti dulu gimana sih terjadinya reaksi kimia itu.
Dah pada tau lah, reaksi itu terjadi karena bergabungnya atom / ion menjadi molekul ato molekul terurai jadi atom/ion lagi. Trus gimana caranya atom2 bisa bergabung?
Ok, bayangin aja deh, dalam sebuah wadah berisi larutan yang mengandung atom2/ion2. Nah tu atom/ion kan pada gerak2, kaya ikan berenang Kali yah. Emang gerakannya ga' pada beraturan, bisa aja saling nabrak. Tabrakan yang pas energi dan arahnya bisa membuat atom yg bertabrakan / bertumbukan tadi jadi ngegabung, hasilnya molekul yang baru. Itulah yang dikenal dengan teori tumbukan, bahwa reaksi kimia terjadi karena tumbukan antar atom/ion (partikel2) yang menghasilkan molekul baru. Tapi ya itu tadi, kudu pas arah dan energinya. Kalo cuman kesentil dikit ya ga' kuat ngegabung. Juga energinya kudu cukup gede buat menyatukan atom2 tadi. Soalnya ada loh yang namanya energi aktivasi, yaitu energi minimum yang diperlukan biar tumbukan antar atom bisa efektif menghasilkan reaksi.

Wednesday, December 15, 2010

The unique of Carbon

By fajar sadiq
Di seantero jagad fana ini yang namanya senyawa hidrokarbon emang ga' keitung, buanyak bangets. Mulai yang simpel ga' rewel kaya si methan alias CH4 sampe yang ruwet bikin mumet bangsa polimer ampe fulleren. Yang suka mikir trus nanya, gimana dengan unsur lain? Bisa ga' eksis dalam buanyak bentuk senyawa kaya kreativitas karbon tadi? Ternyata mereka ga' setangguh karbon, meski bisa ngebentuk berbagai senyawa dengan atom lain, teteup aja ga' bisa nyaingin karbon. So ada yang special dong dengan karbon? Yup, kamu emang cerdaz!
Ok, kita colek dikit deh si karbon. Kebetulan do'i lagi sendiri tuh. Jarang2 loh dia begitu.
Kita sapa yuk: ''Assalamu'alaikum...''
''Wa'alaikum salam, eh loe Jang''.
''Iya ni Bon, gw mo nanya2 dikit, boleh donk...''
''Of course, why not? Gw seneng banged kalo ada yang mo kenal en temenan ama gw''
''Makanya loe punya banyak temen buat bikin formasi senyawa yang ga' keitung Bon yach?''
''Gitchu deah''
''Emank napa bisa gitu Bon, loe pake mystik ya buat bikin yang laen kecantol ama loe''
''Hush, syirix tuw. Loe emang bener pengen tau rahasia gw, Jang?''
''He eh kuadrat Bon''
''Hehe, napsu banget loe Jang. Gini Jang, loe liat deh dalam body gw, ada apa aja?''
''Hemm, ada proton, netron, juga elektron, tapi apa hubungannya dengan kelihayan loe ngedapetin gebetan buat berbagai senyawa?''garuk2 kepala.
''Be patien Jang. Loe tau yang gw pake buat ngegaet atom lain, apaan?''
''Tau dong, elektron khan? Pasti loe pake jurus ikatan kovalen. Cuman yang lain juga gitcu, pake elektron buat ngegaet atom lain, malah jurusnya juga ga' cuman kovalen, ada ikatan ion, ikatan logam, ikatan koordinasi, ikatan hidrogen, van der walls, de es be, ga' bisa tuh ngalahin loe''
''Kalem aja kali Jang, ntar gw jd ke ge eran sendiri. Ga' kok. Smua kan dah ditaqdirin ama Yang Maha Ngatur. Kebetulan aja gw dianugerahi 6 buah elektron. Kalo orang2 sih gampangnya ngeliat no. atom gw aja. No. atom gw 6, menunjukkan bahwa gw punya 6 proton. Biar netral, maka gw juga mesti nyimpen 6 elektron''
''Trus?''
''Nah, 6 elektron itu gw pasang 2 biji di kulit gw yang pertama, en sisanya, 4 biji gw nongkrongin di kulit ke 2''
''Hei, itu kan konfigurasi elektron. Konfigurasi elektron loe jadinya: 2, 4. Loe punya 4 elektron terluar!''
''Pinter loe Jang. Nah loe dah sadar khan, gw punya 4 elektron terluar alias elektron valensi. Masih ingat teori Oktet?''
''Ingat dong, biar stabil, elektron terluar suatu atom kudu 8, betul khan?''
''seratus bwt Ojang. So keliatan banget, gw bakal ngelengkapin elektron valensi gw dengan memanfaatkan keempat elektron di kulit terluar gw, masing2 gw tugasin nyari partner buat dijadiin ikatan kovalen, ngerti ga' ikatan kovalen?''
''Yah loe Bon, tadi khan dah gw sebut2, gw tau dong maka gw sebut2. Ikatan kovalen adalah ikatan yang terjadi karena penggunaan bersama pasangan elektron oleh dua atom khan? Ah loe ngetes gw Bon''
''Hehe. Jangan esmosi Jang. So, berkat punya 4 elektron valensi, gw jadi bisa bikin 4 ikatan kovalen dengan atom lain. Misalnya, gw bisa ngegaet 4 biji atom H, maka jadilah formasi CH4. Trus asyiknya lagi, gw juga bisa berikatan dengan temen sesama karbon. Loe bayangin deh, gw bisa ngebangun rantai karbon, mulai cuman 2 member sampe sebanyak gw pengen. -C-C-C-C-C-. Apalagi gw juga bisa nambahin tu rantai dengan cabang-cabang lagi, wuih bisa makin yahud deh rantai kami. Boleh rantai terbuka ataupun rantai tertutup alias cincin''
''Alhamdulillah, ngeh deh gw sekarang. Uniquenya loe: 1. Bisa bikin 4 ikatan kovalen dengan atom lain 2. Bisa berikatan dengan sesama atom karbon''
''That's right friend. Semoga kita tetap dalam ikatan ukhuwah, amin''
''Amin. Dah dulu Bon, gw nyari kopi dulu. Ikut?''
''Syukran, tp gw mo nyari postingan baru nih''
wkwkwkwk....

Monday, December 13, 2010

MEMAHAMI KARAKTERISTIK ANAK DIDIK DALAM KAITANNYA DENGAN TINGKAT KEMAMPUAN BELAJAR

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Mengacu kepada Standar Nasional Pendidikan (2005) salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh guru tidak hanya memiliki tugas dan tanggung jawab mentransfer pengetahuan kepada anak didiknya melainkan harus mampu mendidik untuk mengembangkan keseluruhan potensi yang dimiliki anak didik sehingga menjadi anak yang cerdas dan berbudi pekerti luhur.
Sebagai seorang guru, sangat perlu memahami perkembangan peserta didik. Perkembangan peserta didik tersebut meliputi: perkembangan fisik, perkembangan sosioemosional, dan bermuara pada perkembangan intelektual. Perkembangan fisik dan perkembangan sosio sosial mempunyai kontribusi yang kuat terhadap perkembangan intelektual atau perkembangan mental atau perkembangan kognitif siswa.
Pemahaman terhadap perkembangan peserta didik di atas, sangat diperlukan untuk merancang pembelajaran yang kondusif yang akan dilaksanakan. Rancangan pembelajaran yang kondusif akan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga mampu meningkatkan proses dan hasil pembelajaran yang diinginkan.
Untuk dapat mengemban tugas dan tanggung jawabnya sebagai perwujudan dari kompetensi pedagogis ini, guru harus memiliki pemahaman yang memadai tentang karakteristik anak didiknya. Sebab, proses pembelajaran merupakan suatu proses yang kompleks karena melibatkan berbagai faktor yang harus dirancang dengan baik, sehingga faktor-faktor tersebut membangun suatu harmoni dalam suatu sistem pembelajaran. Sehingga tercipta proses pembelajaran yang menyenangkan, membuat anak didiknya betah dan mampu mengekspresikan potensinya, serta akhirnya berhasil mengantarkannya mencapai tujuan.

Naskah lengkap silakan ambil di sini

PERAN PERSONIL SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM

BAB I
PENDAHULUAN

1.Latar Belakang

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP) yang semula hanya diujicobakan di beberapa sekolah, sejak tahun 2006 mulai diberlakukan secara bertahap pada semua jenjang pendidikan formal di wilayah hukum Indonesia dengan payung hukum UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003. Selanjutnya PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pada ayat 1 pasal 15 menyatakan bahwa Kurikulum tingkat satuan pendidikan adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. Peraturan ini menjadikan kegiatan penyusunan dan pengembangan kurikulum adalah hal yang ”harus dilakukan” oleh sekolah.
Alasan utama pengalihan kewenangan pengembangan kurikulum ini adalah desentralisasi, dengan harapan kurikulum yang dikembangkan sendiri oleh sekolah akan mampu mewadahi seluruh kebutuhan, kekhasan dan potensi tiap sekolah termasuk peserta didik di dalamnya, tanpa kehilangan arah dari tujuan nasional pendidikan.
Permasalah mulai muncul ketika ternyata tidak semua sekolah dan stake holder di dalamnya memiliki kompetensi yang memadai untuk mengembangkan kurikulum secara mandiri. Itu adalah hal yang wajar mengingat sekolah pada masa yang lalu sudah puluhan tahun hanya di”beri” kurikulum yang sudah matang dan tinggal dimakan. Pihak departemen pendidikan nasional yang merupakan lembaga yang memegang peran sentral tentu saja tak tinggal diam. Bersama beberapa lembaga dan institusi, seperti BSNP, Puskur, dan lembaga hirarki dinas pendidikan, kegiatan mengedukasi masyarakat pendidikan Indonesia segera dilakukan secara bertahap dan terprogram, agar KTSP dapat berjalan dengan sukses mulai dari perancangannya sampai implementasi yang mampu mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Meskipun demikian selalu saja terdapat keterbatasan sekolah untuk mengembangkan kurikulum yang paling optimal untuk menjadi acuan bagi sekolah dalam memberikan layanan pendidikan terbaik dan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kompetensi peserta didik. Untuk itu diperlukan pemahaman yang komprehensif yang dimiliki oleh seluruh personil sekolah, terutama yang terkait langsung dengan penyusunan dan pengembangan kurikulum di tingkat sekolah agar kurikulum yang diimplementasikan dapat memenuhi target yang diharapkan.

Naskah lengkap silakan download di: sini
Presentasi Powerpoinnya bisa di download di: sini